Graha Pena Lt.4- Jl. Park Way Batam Center

Akhir Mei, Bandara Hang Nadim Batam Buka 24 Jam

Bandara Internasional Hang Nadim, Batam

Bandara Internasional Hang Nadim, Batam

 Batam – Bandara Internasional Hang Nadim Batam akan mulai beroperasi selama 24 jam pada akhir Mei ini. Kepala Bandara Hang Nadim Batam, Suprasetio mengatakan Bandara Hang Nadim mengalami peningkatan frekuensi penerbangan mencapai 13 persen pada tahun 2013 dibandingkan tahun 2012.

“Di 2012 ada sekitar 32.000 pesawat yang datang dan berangkat melalui Hang Nadim, sedangkan pada tahun 2013 pergerakan pesawat datang dan berangkat sekitar 36.000,” Jelasnya.

Menurut Suprasetio, penetapan Bandara Hang Nadim sebagai Hub penerbangan PT Lion Mentari Grup dan Citilink turut mempengaruhi meningkatnya pergerakan pesawat di Bandara.

Ia mengatakan tujuan pengoperasian Bandara Hang Nadim selama 24 jam adalah untuk memindahkan kepadatan arus lalu lintas penerbangan pada jam yang kosong.

“Selama ini terjadinya kepadatan arus lalu lintas penerbangan pada waktu tertentu, baik pada jam padat antara jam 11.00 hingga 15.00 maupun pada golden time, jam 06.00 hingga 09.00 dan jam 15.00 hingga 18.00, kita ingin adanya distribusi penumpang dan barang yang merata sehingga operasi bandara bisa optimal,” Ungkapnya.

Dijelaskan Suprasetio, saat ini jam operasi Bandara Hang Nadim dimulai dari jam 06.00 hingga 21.00 WIB. Beberapa pertimbangan yang membuat Bandara Hang Nadim akan mulai beroperasi pada akhir mei diantaranya adalah, pelaksanaan MTQ Nasional pada tanggal 5 hingga 13 Juni, angkutan Lebaran 13 Juli hingga 10 Agustus, pelayanan haji 8 september hingga 31 oktober dan angkutan Natal serta Tahun Baru.

“Mulai dari MTQ tentu akan ada ekstra flight, Selama ini juga kita sudah melayaninya, kadang kadang jam 11 atau jam 12 malam, kita tunggu sampai datang,”Ujarnya.

Suprasetio menambahkan, rencana operasi 24 jam Bandara Hang Nadim ini akan terealisasi dengan telah tersedianya Sumber Daya Manusia (SDM) penerbangan yang memadai, kesiapan fasilitas pendukung bandara, dan penyiapan akses keluar masuk bandara untuk keperluan darurat.

“Prinsipnya semua instansi yang berada di Bandara Hang nadim mendukung dan telah siap untuk operasi 24 jam, termasuk fasilitas seperti kantin dan transportasi darat dari dan ke Bandara,”Ujarnya.(NM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>